Home » Blog » Tentang Batik » Filosofi Unik Makna Batik Megamendung

Filosofi Unik Makna Batik Megamendung

Batik Megamendung

Makna Batik Megamendung – Batik dan Indonesia merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Batik merupakan wastra (kain) khas Indonesia yang telah ada dan digunakan sejak dahulu. Batik merupakan kain bergambar yang dibuat khusus menggunakan lilin malam.

 

Ada banyak motif tradisional yang terkenal, salah satunya adalah batik yang berasal dari Cirebon atau biasa disebut dengan Batik Megamendung.

 

Motif Megamendung berasal dari kata Mega yang berarti “Awan” dan Mendung berarti “Cuaca yang sejuk/adem” dengan warna dasar merah dan awan yang berwarna biru dengan tujuh gradasi warna sebagai warna orisinilnya yang familiar dari Cirebon.

 

Arti dan filosofi motif mega mendung memiliki filosofi bahwa setiap insan harus dapat meredam amarah/emosinya dalam kondisi dan situasi apapun.

 

Makna Batik Megamendung mengandung filsafat ketuhanan. Konsep ketuhanan tersebut terwujud dalam motif awan yang besar.

 

Selain itu paham taoisme, konsep awan memiliki makna kebebasan yang tanpa batas. Biasanya terwujud dalam jarak antar awan yang berjauhan di dalam setiap motif batiknya.

 

 

Batik Megamendung

Sejarah batik Megamendung

 

Motif Mega mendung memiliki bentuk yang serupa dengan awan di langit. Menurut sejarah, motif batik ini ditemukan Ketika seseorang melihat bentuk awan yang terbias pada genangan air setelah hujan dan pada saat itu cuaca mendung.

 

Terdapat teori lain yang meyebutkan bahwa motif batik ini masuk karena pengaruh bangsa Cina yang masuk ke Cirebon.

 

Sejak Sunan Gunung Jati menikahi Oeng Tieng dari Cina dan beliau tinggal di Cirebon, perabotan seperti keramik, piring dan kain yang berasal dari Cina  dan berhiaskan bentuk awan membuat munculnya motif ini.

 

Dalam pengembangannya motif Mega Mendung khas Cirebon mengalami banyak perkembangan sesuai dengan kebutuhan pasar seperti kombinasi motif Mega Mendung dengan motif bunga, hewan atau motif lainnya.

 

Selain itu warna motif Mega Mendung yang awalnya berwarna merah dan biru sekarang berkembang dengan beragam warna seperti kuning, hijau, coklat dan lainnya. Penjelasan Makna motif Mega mendung semoga dapat menambah wawasan Anda dan

 

Seragam Omah Laweyan

 956 total views,  8 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *