Home » Blog » Seragam Batik » Kain Seragam Batik Yang Bagus & Populer

Kain Seragam Batik Yang Bagus & Populer

Kain Batik seragam yang bagus

Jenis Kain Seragam Batik Yang Bagus – Batik merupakan pakain tradisional budaya adiluhung yang berkarismatik bagi pemakainya. Batik terkesan formal dan elegan, namun kini batik menjadi terkenal dan trend dengan model casual maupun semi-casual. Batik bisa terkenal hingga mancanegara karena hasil dari proses kesejarahan yang panjang. Batik mulai dikenal dunia sejak terbitnya The History of Java karya Thomas Stamford Raffles di tahun 1817. Namun risalah batik yang nisbi komplet baru bisa dibaca masyarakat dunia semenjak De Batik-kunst In Nederlandsch-indie En Haar Geschiedenis karya dua antropolog Belanda, GP Rouffaer dan HH Juynboll, terbit pada 1899.

 

Dalam proses pembuatannya, jenis batik dibagi menjadi 3 bagian yakni batik tulis, batik cap dan batik. Proses pembuatan batik memakan waktu lama berkait pada banyak panduan warna dan corak dan kerumitan motifnya.

 

Terus bagaimana dengan Batik Printing?

 

Batik printing bukan termasuk kain batik melainkan kain printing motif batik. Karena memang pembuatannya tidak menggunakan canting dan lilin malam. Kain batik printing banyak diminati dan beredar di pasaran. Berbeda dengan kain batik tulis dan cap, kain printing motif batik cenderung lebih terjangkau. Jika kain batik tulis dan cap memiliki harga diatas 500 ribu hingga puluhan juta, kain printing motif batik dijual seharga 50 rb hingga 250 rb an.

Kain printing motif batik menjadi primadona bagi masyarakat untuk bisa mengenakan batik. coba bayangkan jika tak ada kain printing ini, hanya orang yang berada yang bisa mengenakannya. Kain printing motif batik banyak digunakan untuk keperluan seragam batik keluarga, pernikahan, komunitas, sekolah, instansi hingga perusahaan. Selain harga kain printing motif batik yang cukup terjangkau, motifnya cenderung sama antara satu kain dengan lainnya. Inilah yang membuat kain printing ini cocok untuk keperluan seragam batik.

Anda perlu mengenal beberapa jenis kain batik yang digunakan untuk batik tulis, cap ataupun printing agar bisa memilih kain yang tepat dan sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa jenis kain yang biasa digunakan oleh produsen kain batik seragam :

 

Kain Katun

Jenis kain yang satu ini pada umumnya digunakan untuk banyak fashion salah satunya batik. Kain katun punya beberapa tingkatan mulai dari kasar dan tipis hingga halus dan tebal. Semua bergantung pada campuran serat kapas yang digunakan pada pembuatan kain.

Bahan sering yang digunakan untuk kain katun seperti bahan prisma, grey, primisima primis dan masih banyak bahan lainnya. Bahan prima dan primisima biasanya digunakan untuk membuat seragam batik karena bahan yang bagus dengan harga yang ekonomis.

 

Kain Mori

Kain mori merupakan kain berwarna putih polos yang memiliki ketebalan, kehalusan dan kerapatan yang sempurna. Wajar jika jenis kain ini digunakan untuk batik tulis dan cap. Bahan kain mori punya dua jenis berbeda yakni kain yang sudah mengalami proses pemutihan dan yang belum diputihkan (kain blacu). Batik di Indonesia, Sebagian besar menggunakan bahan mori sebagai bahan utamanya. Kualitas kain ini bagus, memiliki tekstur kain yang halus dan dan memiliki kerapatan tinggi.

Terdapat tiga jenis bahan kain mori yang umumnya dipakai untuk bahan utama perbatikan duniawi. Tiga bahan kain mori tersebut seperti mori primissima, mori prima dan mori biru. Mori primissima menjadi yang paling halus dan biasanya digunakan untuk batik tulis.

 

Kain Katun Sutera

Kain katun sutra merupakan Jenis kain yang dihasilkan dari kolaborasi serat alami terbaik yaitu serat sutera dengan serat katun/cotton. Perpaduan dua jenis material yang sudah dikenal memiliki berbagai kelebihan dan kenyamanan ini menghasilkan sebuah kain dengan karakteristik yang mewah, terasa lembut, halus serta kualitas kain yang kuat dan tahan lama. Memiliki teksur kain yang mengkilap dan licin layaknya kain sutra pada umumnya. Kelebihan lain dari kain ini adalah kenyamanan ketika digunakan sebagai seragam karena terasa adem, mudah menyerap air, dan bahan ini terasa ringan.

 

 

Kain Dobby

Bahan Kain dobby atau biasa disebut sebagai kain tenun timbul termasuk dalam jenis bahan kain yang diperoleh dari kombinasi antara katun dan polyester. Campuran bahan alami dan sintetis akan menghasilkan kain memiliki pola yang cukup menarik seperti serat kotak, garis dan abstrak. Dikalangan pembatik, jenis kain dobby terkenal karena teksturnya cukup halus. Meski kualitasnya tak sebaik kain sutera, kain dobby orang-orang kelas menengah dan atas karena harga batiknya cukup mahal.

 

Kain Prima

Dikenal sebagai bahan batik berkualitas dengan harga yang ekonomis. Kain Prima ini dibuat dari bahan 100% katun dengan menggunakan benang carded 40s sehingga menghasilkan kain dengan kualitas sedikit tebal dengan permukaan kain sedikit berbulu karena menggunakan benang carded. Yang membedakan jenis-jenis kain mori ini bisa dilihat dari kontruksi kainnya. Untuk komposisi benang 94×70 dan 88×68. Sedangkan untuk lebar kain prima memiliki lebar kain 106cm dan 115cm. Kainnya cukup lembut dan dingin ketika dipakai. Serat bulunya telah dibakar, sehingga tidak akan menimbulkan serat bulu. Kain katun prima biasa digunakan untuk seragam batik sekolah maupun seragam batik kantor.

 

Kain Bahan Primisima

Dikenal sebagai kain katun terbaik sebagai bahan dasar pembuatan batik. Kain primisima ini dibuat dari beberapa tingkatan kombinasi benang mulai dari 40s, 50s, dan 60s. untuk kontruksi kain primisima antara lain 107 x 93, dan 80×72. Sedangkan untuk lebar kain primisima memiliki lebar kain 105cm dan 115cm. Benang yang digunakan memiliki tekstur lebih halus dan volume benangnya lebih kecil karena pintalan benang yang kecil mengharuskan lebih banyak benang yang di perlukan untuk membuat lembaran bahan selain benang yang digunakan juga lebih bagus kualitasnya. Kainnya paling lembut dan dingin ketika dipakai. Serat bulunya telah dibakar, sehingga tidak akan menimbulkan serat bulu yang biasanya muncul pada kain katun yang sering dipakai.

 

Baca Juga : Manfaat Seragam Batik Berguna untuk Branding Perusahaan

 

Pemilihan seragam batik dapat dilihat dari kualitas bahan, harga dan warna kain. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih kain batik untuk seragam.

 

Jenis Kain Batik

Sebelum membeli kain batik untuk seragam, ada baiknya Anda menentukan jenis kain batik. kain printing motif batik banyak di cari karena harganya relative terjangkau jika di banding kain batik tulis dan cap. Esensi dari seragam batik adalah untuk media branding dan menghilangkan kesenjangan sosial. Di seragam omah laweyan, Anda bisa memilih ingin menggunakan batik tulis custom atau kain printing motif batik custom dengan logo instansi Anda.

 

Kain Batik seragam yang bagus

Jenis Bahan

Lihat dan pilih jenis bahan kain untuk seragam Anda. Jika Anda dan karyawan lain sering beraktivitas di luar, kain katun bisa menjadi pilihan tepat karena mudah menyerap keringat. Anda juga juga bisa memilih bahan primis, primisima dan katun sutra untuk seragam batik Anda.

 

Raba Cetakan Warna

Rabalah warna pada kain seragam Anda. Pastikan warna tidak menempel di tangan Anda, bila meninggalkan bekas warna di tangan berarti pewarna kain yang digunakan berkualitas rendah. Jika Anda memilih ini, kemungkinan kain akan luntur dan lambat laun menjadi pudar.

Nggak mau bukan? makanya pilih yang berkualitas. Konsultasi dulu boleh kok di seragam omah laweyan.

 

Tempelkan Pada kulit

Cobalah untuk menempelkan kain batik seragam ke kulit Anda. Jika Anda merasakan bahwa kain terasa dingin dan nyaman digunakan, itu artinya bahan batik tersebut merupakan kain dengan kualitas bagus.

Anda perlu paham jenis kain seragam yang akan dibeli. Pemilihan bahan yang berkualitas membuat kain untuk seragam semakin berkualitas.

Konsultasi dengan kami untuk mendapatkan hasil batik seragam yang memuaskan. Anda bisa melakukan custom desain motif batik sesuai keinginan Anda. Buat seragam batik sesuai keinginan detail motif yang di desain dengan kain batik.

 

Seragam Omah Laweyan

 1,033 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *