Home » Blog » Tentang Batik » Menilik di Balik Sejarah Batik Solo

Menilik di Balik Sejarah Batik Solo

Batik Solo – Batik merupakan karya seni budaya tradisional bangsa Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi yang memiliki ragam dan corak motif yang khas dari tiap daerah merupakan sebuah kekayaan budaya yang patut senantiasa dilestarikan. Perkembangan batik di Indonesia sudah ada sejak jaman kerajaan majapahit dan penyebaran agama islam di tanah Jawa, beberapa catatan perkembangan batik banyak di lakukan pada masa-masa kerajaan mataram, kerajaan solo, dan kerajaan Jogjakarta.

 

Solo dikenal penghasil kain batik terbesar di Indonesia batik solo terkenal dengan corak dan motif tradisionalnya dan memiliki filosofi tersendiri. Batik solo berkembang setelah wilayah mataram terpecah menjadi dua, yakni Keraton Jogjakarta dan Keraton Surakarta. Sejak itu keraton Surakarta membuat Motif batik pertama sendiri yang diberi nama Gragak Surakarta berarti gaya Surakarta.

 

Gambar : Motif Batik Gragak Surakarta

(sumber : Batik Nusantara)

 

Corak batik solo mengalami banyak perubahan, banyak corak batik yang mulai berkembang. Pada masa kusununan Surakarta Hadiningrat yang memiliki ragam motif seragam batik dengan makna dan filosofis yang bernilai seni tinggi di antaranya adalah sawat atau hase merupakan motif sayap yang melambangkan mahkota Raja, Kedua motif Meru adalah motif gunung melambangkan kebesaran atau keangungan, ketiga motif naga, motif berbentuk ular yang menjadi perlambangan angina tau dunia atas alias angkasa raya, dan keempat geni, motif berwujud lidah api yang menjadi pelambang nyala Api.

 

Batik kusununan terkenal dengan dengan warna gelap yakni hitam dan coklat, ciri khas lainnya batik kusunanan diisi motif geometris dan berukuran kecil-kecil mengikuti pakem batik mataram. Pekembangan batik terus berlanjut dari masa era mataram, kemudian berkembang dilanjut Kusunan Surakarta dan menghasilkan kreatifitas berupa motif batik modern di Puro Mangkunegaran Surakarta yang lebih maju dalam penciptaan motif, Adapun motif batik Puro Mangkunegaran memiliki lebih banyak kreasi batik modifikasi. Beberapa hasil kreasi motif batik dari Puro Mangkunegara antara lain ;

 

Gambar : Motif Batik Pakis Mangkunegaran

(sumber : https://puromangkunegaran.com/)

 

Gambar : Motif Batik Candi Luhur Mangkunegaran

(sumber : https://puromangkunegaran.com/)

 

 

 

Untuk info pemesanan seragam batik bisa konsultasi dengan kami terlebih dahulu melalui kontak berikut :

 70 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *