Home » Blog » Seragam Batik » Tahapan Penting Pembuatan Seragam Batik

Tahapan Penting Pembuatan Seragam Batik

Pembuatan Seragam Batik

Pembuatan Seragam batik telah melalui proses penting dan panjang agar sesuai dengan permintaan konsumen. Kerumitan, bahan dan kerapihan jahitan inilah yang nantinya akan mempengaruhi kualitas seragam pesanan Anda.

 

Ada beberapa tahapan penting dalam pembuatan seragam batik khususnya di Seragam Omah Laweyan, jika Anda penasaran dengan prosesnya simak tahapan penting berikut ini.

 

Pembuatan Desain Motif Batik

Setelah menyelesaikan pembayaran DP, kami akan mulai melakukan pembuatan desain motif batik. sebelum mendesain hal pertama adalah meminta klien menjelaskan kebutuhan motif dan logo instansi yang akan dimasukan ke dalam motif batik.

 

Setelah bahan desain selesai, pembuatan desain motif akan disesuaikan sesuai dengan gambaran agar sesuai harapan. Setelah desain motif batik dan warna sesuai dan sudah di Approve maka akan di teruskan ke pembuatan film / plangkan.

 

 

Pembuatan Film / Plangkan Motif

Proses pembuatan film disesuaikan dengan jumlah warna yang ada dalam desain. Misal ada 3 warna yakni hitam, kuning dan merah, maka akan dibuat plangkan sesuai jumlah warna. Semakin banyak warna yang digunakan maka juga semakin banyak jumlah plangkannya.

 

Tambahan jumlah plangkan akan dikenakan kepada customer, harga 1 plangkan tidak terlalu mahal berkisar antara 150 rb hingga 250 rb saja. Tapi tenang sobat, semakin banyak jumlah pesanan seragam maka akan semakin terjangkau harga rata-ratanya.

 

 

Printing Kain Motif Batik

Setelah proses pembuatan film selesai, Langkah selanjutnya adalah proses printing kain motif batik. kain terlebih dahulu ditata rapi dan di taruh dalam media tatakan printing, kemudian barulah proses printing dilakukan.

 

Proses printing dilakukan secara bertahap untuk warnanya. Misal warna hitam, maka akan di printing hitam dahulu baru kemudian berlanjut satu per satu warna lainnya.

 

Cukup panjang dan rumit bukan?

 

 

Finishing Kain

Dalam proses finishing kain, kain yang sudah di printing akan dijemur terlebih dahulu sebelum dilakukan penguncian warna dengan waterglass. Setelah dilakukan penguncian warna, Langkah selanjutnya adalah penjemuran. Setelah kain cukup kering, maka kain printing motif batik akan dibilas dan kemudian di jemur Kembali.

 

Kain printing motif batik yang telah selesai di produksi akan dimasukkan ke penjahit untuk diproduksi menjadi baju siap pakai.

 

Pembuatan Desain Pola

Kain yang sudah tersedia akan dilanjut dengan pembuatan desain pola kain yang nantinya akan digunakan untuk pemotongan kain. Desain pola dibuat dengan kertas karton atau kertas khusus pola untuk menggambar pola sesuai ukuran customer.

 

Baca Juga : Cara Tepat memilih Seragam Batik Kantor

 

Penentuan Ukuran dan Cutting

Dalam proses pembuatan seragam penentuan ukuran merupakan tahapan penting. Penentuan ukuran dapat dilakukan dengan cara grading menggunakan ukuran S, M, L, XL dan XXL. Dengan grading, penentuan seragam dapat dilakukan sesuai ukuran masing-masing.

 

Setelah terbuat desain pola sesuai ukuran, diperlukan marker making agar kain pembuatan seragam tidak boros. Selanjutnya tinggal cutting atau pemotongan kain yang telah diberi pola. Untuk hasil potongan lebih rapi, dibantukan kerja mesin.

 

Penjahitan Seragam dan Quality Control

Kain seragam yang sudah terpotong sesuai pola akan dilanjutkan pada proses pemilahan. Perlu memilah ukurannya agar lebih memudahkan proses penjahitan. Penjahit akan melakukan proses jahit dengan keahlian yang kompeten dan serapi mungkin.

 

Seragam yang sudah terjahit, akan masuk ke Quality control. Proses ini berguna untuk menilai dan menyeleksi seragam jadi apakah sudah sesuai dengan standar pabrik. Jika terdapat kesalahan dalam menjahit, akan di perbaiki agar sesuai.

 

 

Proses Finishing

Seragam yang telah selesai di produksi akan masuk dalam proses finishing. Dalam tahap akhir ini, seragam akan dirapikan dengan cara disetrika. Proses ini bertujuan untuk merapikan seragam sebelum dikemas sembari dilakukan inspeksi pengecekan Kembali Quality Control agar tidak ada hasil produksi yang cacat.

 

Pengemasan Seragam

Tahapan ini menjadi proses akhir pembuatan seragam. Seragam yang sudah jadi akan dikemas dan ditata sebaik mungkin. Sehingga kondisi seragam sudah dalam kondisi sebaik-baiknya Ketika sampai di hadapan Anda.

 

 

Dengan mengetahui tahapan penting pembuatan seragam batik, Anda bisa lebih mengerti berapa lama pembuatan seragam jadi. Pemahaman seperti ini perlu diketahui customer agar tahu standar produksi pembuatan seragam.

 

Jika Anda membutuhkan seragam sekolah, batik berlogo instansi, seragam TK, SD, SMP, SMA atau seragam instansi cukup ke Seragam Omah Laweyan. Konsultasi dengan kami terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil dan harga terbaik.

 

Seragam Omah Laweyan

 282 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *