Home » Blog » Serba Serbi » Menilik Sejarah Seragam Sekolah – Alasan Harus Berseragam?

Menilik Sejarah Seragam Sekolah – Alasan Harus Berseragam?

Sejarah Seragam Sekolah

Sejarah Seragam Sekolah – Pergi ke Sekolah, tentu harus mengenakan seragam sekolah. Di Indonesia, kebanyakan sekolah dasar memiliki peraturan yang mewajibkan siswanya mengenakan seragam merah putih. Namun ada yang mengenakan seragam khusus masing-masing.

 

Sebenarnya apa alasan penting harus berseragam saat ke sekolah dan bagaimana sejarahnya?

 

Fungsi Seragam Sekolah

Ada alasan mengapa murid harus memakai seragam sekolah.

 

Yang pertama adalah untuk membedakan tingkat Pendidikan anak, seperti Anak SD menggunakan seragam putih merah, SMP menggunakan seragam putih biru dan SMA mengenakan putih abu-abu.

 

Dengan mengenakan seragam, berarti murid mentaati peraturan sekolah. Hal ini juga bisa melatih anak untuk menjadi lebih disiplin.

 

Kegunaan utama seragam sekolah adalah untuk mengikis perbedaan finansial setiap murid. Mengurangi adanya kesenjangan yang membuat anak lebih nyaman dan tidak membedakan teman-teman.

 

Sejak kapan mulai ada seragam sekolah?

 

 

Asal Usul Sejarah Seragam Sekolah

Sejarah mencatat, sekitar tahun 1222 seragam pertama kali dipakai di Inggris.

 

Semenjak saat itu sekolah mengharuskan siswanya mengenakan pakaian seperti jubah yang kini dikenal dengan nama Cappa Clausa.

 

Namun seragam modern baru muncul di abad ke-16, saat itu sekolah asrama Christ’s Hospital di Inggris mengenakan seragam jubah berwarna biru dan stoking berwarna kuning. Sekolah ini masih mengenakan seragam ini sampai saat ini, lho.

 

Awalnya sekolah yang mengenakan seragam adalah sekolah amal yang memberikan Pendidikan untuk siswa kurang mampu.

 

Seragam menjadi identitas bagi masyarakat kelas atas yang banyak digunakan di sekolah swasta. Kini Seragam digunakan di sekolah-sekolah lain, untuk menjadi identitas agar semua siswa sama.

 

Baca Juga : Pendidikan Anak Usia Dini (Beda PAUD, Playgroup dan TK)

 

Peraturan Berseragam di Berbagai Negara

Pada abad ke-19, peraturan memakai seragam sekolah mulai tersebar ke berbagai penjuru dunia. Di Australia, peraturan memakai seragam diterapkan di tahun 1920 an. Seragam di Australia biasanya mengenakan topi, seperti Inggris.

 

Di Tiongkok, awalnya seragam sekolah hanya menggabungkan antara seragam siswa Inggris dan pakaian tradisional Tionghoa. Namun sekarang seragam Tionghoa banyak dipengaruhi oleh seragam sekolah di Korea.

 

Nah sedang di Jepang, seragamnya tak hanya dipengaruhi oleh Inggris saja. Justru banyak terispirasi dari seragam militer Prancis dan Prussia.

 

 

Seragam Batik untuk Sekolah

Selain seragam umum Putih-Merah, Putih-Biru dan Putih-Abu, ada seragam yang umum dan khusus dikenakan di Indonesia. Semenjak diakui UNESCO, batik menjadi lebih dikenal dan banyak digunakan untuk seragam sekolah.

 

Pemerintah menetapkan setiap hari jum’at untuk berseragam batik. Setiap sekolah memiliki motif dan warna batik yang berbeda beda. Siswa diajarkan pelestarian budaya batik dengan mengenakannya setiap jum’at.

 

 

Disini kami menyediakan berbagai macam atau model seragam sekolah anak maupun seragam batik murid dan guru.

 

Seragam Omah Laweyan

 296 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *