Home » Blog » Serba Serbi » Tips Merawat Seragam Batik Tulis

Tips Merawat Seragam Batik Tulis

Batik tulis – Sebelum Anda membeli batik tulis sebaiknya harus memahami cara perawatannya, ternyata merawat batik tidak seperti seragam lainnnya Lo, ada banyak orang belum mengetahui cara merawat batik secara benar dan tepat sehingga sering kali warna batik mengalami tidak awet dan warnanya cepat pudar. Nah Seragam Omah Laweyan mau kasih tips ini, biar batik tulis Anda tetap awet dan kualitasnya tetap terjaga.

 

Berikut tips Merawat Batik tulis

  1. Cuci Menggunakan Tangan

Merawat seragam batik juga harus dimulai dari tahap pencuciannya. Mencuci seragam batik dengan mesin cuci akan merusak serat kain. Tidak ada salahnya mencuci seragam batik kesayangan dengan tangan agar menurunkan resiko seperti rusaknya warna dan serat kain batik.

 

 

  1. Gunakan Sabun pencuci batik tradisional

Penggunaan deterjen dapat mengikis warna asli pada kain batik. Untuk mengganti deterjen. Bisa menggunakan sabun khusus batik sari lerak yang sudah direndam air hangat. Caranya diaduk dengan serak lerak hingga mengeluarkan busa, lalu tambahkan air secukupnya. Aroma sari lerak dipercaya dapat mencegah munculnya hewan kecil yang bisa merusak kain saat disimpan nanti.

 

 

  1. Hindari penggunaan pelembut atau pewangi

Kandungan alkohol dan bahan kimia dapat merusak serat dan warna batik terutama batik yang terbuat dari serat sutra dan bahan pewarnanya alami.

 

 

  1. Tak perlu memeras seragam batik setelah di cuci

Setelah di cuci sebaiknya sobat tak perlu memeras seragam batik, meremasnya hanya akan merusak tekstur dan serat kain menjadi kusut.

 

 

  1. Mengeringkan cukup di tempat yang teduh atau diangin-anginkan saja

Proses pengeringan pakaian langsung dibawah terik matahari memang membuat pakaian lebih cepat kering. Tapi berbeda dengan batik, menggunakan cara tersebut akan membuat warna batik cepat memudar dan tektur kain akan rusak. Untuk itu, mengeringkan kain batik cukup tempat yang teduh atau diangin-anginkan saja.

 

 

                                  Baca Juga : 4 Tips Memilih Seragam Batik yang Berkualitas

 

  1. Berikan alas kain sebelum menyetrika

Tidak disarankan menempelkan setrika panas secara langsung diatas seragam batik, sebelum setrika sebaiknya dengan meletakkan sehelai alas kain di atasnya, semprotkan sedikit air di atas kain batik terlebih dahulu untuk menghilangkan kusut pada kain batik.

 

 

  1. Rawat Secara berkala

Sebaiknya lakukan perawatan seragam batik secara berkala agar batik kesayangan Anda lebih awet dan tekstur warna batik tidak cepat pudar. Simpan batik kesayangan Anda dalam plastik agar tidak akan dimakan ngengat.

 

 618 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *