Home » Blog » Serba Serbi » 8 Warisan Budaya Indonesia Yang diakui International

8 Warisan Budaya Indonesia Yang diakui International

Warisan Budaya Indonesia

Warisan Budaya Indonesia – Indonesia merupakan negara yang kaya akan karya seni dan budaya. Keberagaman budaya ini membuat banyak orang di dunia melirik keragaman budaya ini. Namun karena semakin modernnya gaya hidup, tingkat kepedulian masyarakat akan seni dan budaya semakin menurun.

 

Untuk melindungi warisan budaya Indonesia, UNESCO (United Nations Educational, Scientific dan Cultural Organization) memasukan sepuluh budaya ke daftar warisan budaya non bendawi. Jika dihitung, kekayaan budaya kita dari sabang sampai Merauke tentu sangat beragam. Terhitung 1.331 kelompok suku menurut badan pusat statistic pada tahun 2010.

 

Tujuan UNESCO adalah mendukung perdamaian, keamanan dan mempromosikan Kerjasama antar negara melalui Pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati.

 

Ada 8 warisan budaya Indonesia Yang diakui International versi Seragam Omah Laweyan  yang diantaranya :

 

Warisan Budaya Indonesia

Wayang Kulit

Wayang merupakan seni pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang. Dalam pertunjukan, dalam bertugas menggerakan tokoh-tokoh wayang sambal menceritakan kisah-kisah pewayangan. Pertunjukan Wayang kulit diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003.

 

Wayang kulit lebih popular di Jawa bagian tengah dan timur. Seni budaya ini dibuat dari bahan kulit sapi yang sudah diproses menjadi kulit lembaran dan dipahat dengan besi berujung runcing.  Lembaran kulit dibentuk sedemikian rupa sesuai tokoh pewayangan.

 

 

Warisan Budaya Indonesia

Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dan berkembang di daratan sunda (Jawa Barat). Alat musik ini dibuat dari bambo dan dimainkan dengan cara digetarkan atau digoyangkan.

 

Suara yang dihasilkan angklung dari benturan tabung bamboo terdengar khas yang bergetar dalam susunan nada 2, 3 sampai 4 nada dalam setiap ukuran. Ada yang berpendapat kata angklung berasal sari bunyi “klung” yang keluar dari angklung.

 

Angklung merupakan salah satu warisan budaya yang diakui UNESCO sejak tahun 2010. Sampai saat ini kesenian angklung masih banyak dipertunjukan sebagai hiburan.

 

 

Warisan Budaya Indonesia

Keris

Keris adalah senjata tradisional nusantara yang dikenal memiliki ukiran tersendiri. Bantuk keris ditandai dengan kedua sisinya yang tajam, berlekuk dan ujungnya runcing. Melansir dari Indonesia.go.id, tercatat 15 etnis di Indonesia menjadi pengusung yakni Jawa, Madura, Bali, Sasak-Lombok, Sumbawa, Palembang, Jambi, Mingkabau, Banjar, Kutai, Bugis dan Toraja.

 

Keris terdaftar sebagai warisan budaya Indonesia sejak 2005. Nilai estika sebilah keris ialah mencakup 3 hal yakni dhapur, pamor dan Tangguh.

 

Dhapur adalah istilah jawa yang digunakan untuk menyebut model atau bentuk keris. Terdapat komposisi racikan atau ornamental yang memberikan ciri-ciri sebagai membeda keris satu dengan keris lainnya.

 

Pamor adalah sebuah pola dekorasi pada bilah yang muncul dari kombinasi logam yang berbeda sebagai sebagai konsekuensi dari Teknik tempa-lipat.

 

Tangguh adalah istilah yang jika ditambahkan awalan pe- dan akhiran -an menjadi “penangguhan” yaitu istilah dimana makna proses interpretasi perihal asal usul dan estimasi usia sebuah keris.

 

 

Warisan Budaya Indonesia

Batik

Tercatat dalam daftar UNESCO pada 2009, Batik merupakan warisan adiluhung Nusantara yang tercipta dari sebuah rasa yang tergores diatas kain sehingga tercipta motif yang tersirat banyak filosofinya. warisan budaya Batik berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, namun Solo dan Jogja menjadi salah satu penghasil batik.

 

Batik menjadi semakin popular dan banyak digunakan sebagai outfit of the day. Sebagai upaya pelesatariannya, batik banyak digunakan untuk keperluan sekolah, kantor, instansi, guru, komunitas dan kebutuhan seragam custom.

 

Baca Juga : Manfaat Seragam Batik untuk keperluan Branding Perusahaan

 

 

Warisan Budaya Indonesia

Gamelan

Gamelan adalah sebuah music ensambel tradisional yang popular di wilayah Jawa, Sunda dan Bali. Gamelan menggunakan skala nada pentatonic dalam system skala nada (laras) slendro dan pelog.

 

Dalam satu gamelan, terdiri dari instrument music perkusi yang sering digunakan dalam seni karawitan. Instrumen yang paling umum digunakan adalah keluarga metalofon seperti gender, gangsa, bonang, gong , saron, kenong, gambang, kempul dan kendang.

 

Gamelan tak hanya popular di Indonesia, di Mancanegara banyak digunakan seperti di selandia baru, meksiko, inggris, Amerika serikat dan negara lainnya.

 

 

Warisan Budaya Indonesia

Pencak Silat

Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri warisan budaya asli Indonesia yang sudah mendapatkan pengakuan seperti taekwondo dan karate dari Jepang. Pencak silat tak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga dikenal luas di Kawasan Asia Tenggara.

 

Beberapa negara lain memiliki penyebutan berbeda seperti gayong dan cekak (Malaysia & Singapura), Bersilat (Thailand) dan Pasilat (Filipina). Pada Maret 2017, pencak silat telah diajukan pemerintah RI ke UNESCO sebagai warisan budaya non bendawi.

 

Pencak silat sudah tersebar ke seluruh kepulauan Nusantara sejak abad ke-7. Hal ini dibuktikan lewat adanya relief yang ditemukan pada Candi Borobudur. Bela diri pencak silat punya empat aspek utama yakni aspek mental spiritual, seni budaya, bela diri dan olahraga.

 

 

Warisan Budaya Indonesia

Sekaten

Sekaten  tercatat dan diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia sejak 2014. Sekaten merupakan perayaan yang dilakukan oleh masyarakat Jawa khususnya Solo & Yogyakarta untuk memperingati maulid nabi Muhammad SAW. Tradisi sekaten diadakan di dua tempat yakni alun-alun keraton Surakarta dan alun-alun utara Yogyakarta.

 

Sekaten merupakan upacara adat yang diiringi dengan gamelan. Selain menabuh gamelan, abdi dalem keraton juga membagikan kodem (bungkusan kecil) yang isinya daun sirih, injet, gambir, tembakau serta bunga kantil.

 

Pada puncak perayaan sekaten, dua gunungan jaler dan estri akan diarak dari kori kamandungan keraton kasunanan menuju Masjid Agung dalam perayaan Grebeg Maulud. Gunungan tersebut berisi ragam makanan khas dan hasil bumi yang dibagikan pada masyarakat sebagai symbol kepedulian raja terhadap rakyatnya.

 

 

Warisan Budaya Indonesia

Tari Saman Gayo

Masyarakat Gayo di Aceh memiliki kebudayaan istimewa yang akhirnya dimasukkan sebagai warisan budaya Indonesia non bendawi oleh UNESCO sejak 2011 lalu. Tari saman gayo awalnya dikembangkan sebagai media penyebaran agama islam untuk menyampaikan pesan.

 

Tarian ini merupakan tarian sakral yang hanya dipertontonkan pada saat peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Kini tarian ini biasanya dipertunjukan pada momen-momen penting seperti menjalin silaturahmi dan persahabatan untuk menyampaikan pesan moral tertentu.

 

 

Berikut merupakan 8 warisan budaya Indonesia yang diakui International dan pangakuan UNESCO. Tetap lestarikan budaya Indonesia yang salah satunya dengan seragam batik. Mari kita jaga budaya agar selalu ada dan jadi warisan anak cucu kita nanti.

 

Bangga berbatik

Seragam Omah Laweyan

 326 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *